Skip to main content

Cara Menghadapi Klien Yang Cerewet Secara Efektif

Kesel? Yah itulah yang dirasakan semua orang ketika berhadapan dengan orang bawel alias cerewet. Lalu bagaimana jika itu adalah calon customer Anda? Bagaimana cara menghadapi klien yang cerewet secara efektif? Di artikel kali ini admin akan sharing sedikit tentang bagaimana menghandle pelanggan yang bawel.

Pelanggan cerewet tidak selalu buruk. Di sinilah keprofesionalan dan kesabaran Anda dibutuhkan. Selama cerewetnya masih dalam batas manusiawi dan tidak menyerang pribadi Anda maka maka hadapi dengan senyuman haha. Karena klien atau pelanggan cerewet seringkali malah menjadi customer setia jika Anda mampu memberikan kepuasan atas layanan atau produk yang mereka butuhkan.

Cara Menghadapi Klien Yang Cerewet Secara Efektif


cara menghadapi klien cerewet bawel dan mengesalkan

Seorang marketer yang sudah berpengalaman menghadapi berbagai macam tipe orang akan segera tahu tipe klien seperti apa yang sedang dia hadapi. Go with your insting..! Deteksi awal ini sangat penting untuk menentukan cara menghadapi klien cerewet ke tahap yang lebih jauh. Oleh karena itu melatih insting dengan cara sering berkomunikasi dengan orang akan sangat membantu mendeteksi dini macam-macam tipe pelanggan. Berikut ini 3 tipe pelanggan cerewet dan cara mengatasinya :

1. Klien Cerewet Tapi Asik dan Bersahabat


Klien seperti ini amat sangat banyak saya temui. Mereka menanyakan berbagai hal sedetail-detailnya hingga saya merasa seperti sedang diwawancari wartawan. Akan tetapi karena cara bertanyanya bersahabat dan asik saya selalu menjawabnya dengan santun dan disela bercanda.

Seperti waktu lalu ada klien sebuah project, semua ditanyankan mulai dari A sampai Z dia tanyakan bahkan yang menurut kebanyakan orang termasuk lebay. But it's okay selama orangnya friendly. Sempat juga saya kesal hingga berfikir untuk nyerah saja sama ini orang. Ga dapat order dari dia ga masalah haha... Dan saya membalikkan pertanyaan kepada si klien.
"Mosok hal seperti ini aja ditanyakan mas? Selama 8 tahun saya ngadepin orang baru kali ini lho nemu orang nanya sampe kayak gini..."
Tapi jawaban tak terduga yang saya dapatkan, si masnya menertawakan saya dan akhirnya langsung sign kontrak.

2. Klien Cerewet dan Bossy


Menghadapi klien cerewet yang bossy pertama kali yang perlu Anda tegaskan adalah, Anda punya standart kerja dan standart kualitas serta harga sendiri. Pelanggan tipe ini seringkali mau mengatur semuanya menurut kemauan dia. Mungkin karena merasa telah membayar untuk service atau produk yang dia mau.

Jelaskan dengan tegas bahwa produk Anda memiliki standart layanan yang sudah ditetapkan. Jika mau ada tambahan ini itu alias custom berarti akan dikenakan charge tambahan. Jika klien menyetujui silahkan dilanjut, tapi jika klien menolak lebih baik tinggalkan. Jika dilanjutkan hanya akan membuat kepala Anda pening. Anda juga harus menetapkan batasan kapan harus maju dan kapan harus mundur saat negosiasi.

3. Klien Cerewet, Bossy, Arogan Tapi Pelit


Pelanggan jenis ini sangat jarang ditemui, amat langka. Tapi pasti Ada. Yang perlu Anda lakukan saat ketemu spesies ini adalah mencatat namanya dalam arsip klien yang diblacklist, jangan pernah berurusan dengan pelanggan model ini. Walaupun perkiraan keuntungan materi yang akan Anda dapatkan besar. Tapi percayalah kerja tidak akan maksimal ketika Anda tidak dihargai. Dan kemungkinan yang lebih berat ketika project sudah berjalan mereka akan terus mengkritik atau minta tambahan di luar kesepakatan tapi tidak mau charge tambahan. Hal seperti ini hanya akan membuat Anda frustrasi, jengkel tapi harus menyelesaikan pekerjaan.

Selama bertahun-tahun saya pernah sekali mengembalikan uang DP dan mengusir klien dari kantor. Karena sang klien mengumpat kepada office boy di kantor saya. Mengumpatnya memang lirih, tapi kebetulan saya mendengar. Saat itu juga saya putuskan untuk membatalkan order dengan customer tersebut. Tim kerja bagi saya adalah keluarga, jika dia benar tapi disakiti maka saya pun merasa sakit. Belum apa-apa saja sudah memaki. Benar juga, ketika saya batalkan order ibu tersebut, dia langsung mencak-mencak dengan berbagai kata-kata kotor tidak manusiawi. Padahal di kantor sedang banyak klien lain.

Apa kata klien lain terhadap sikap saya tersebut? Mereka malah mendukung dan mengacungi jempol hehe. Kita manusia dan harus memanusiakan manusia.

Popular posts from this blog

10+ Gedung Pernikahan di Bandung Harga Murah & Kontaknya

Dalam mempersiapkan resepsi perkawinan hal yang paling penting adalah memilih venue atau tempat berlangsungnya pesta. Kemarin kita sudah membuat list penyedia jasa catering murah untuk wedding di Kota Bandung . Di halaman ini kami akan melist daftar rekomendasi harga sewa gedung pernikahan di Bandung 2020 - 2021 berikut alamat dan nomor telepon yang dapat kamu jadikan referensi. Untuk mendapatkan gedung wedding terbaik di Bandung, Anda harus melakukan survey ke beberapa gedung sebagai pembanding. Bagi kamu yang sedang hunting tempat pernikahan murah di Bandung lakukan survey terlebih dahulu. Jangan lupa tanyakan batas waktu penyewaan, fasilitas apa saja yang didapatkan hingga seandainya pakai vendor dari luar ada charge lagi atau tidak dan lain sebagainya. Daftar Gedung Pernikahan di Bandung Lengkap Harga sewa gedung pernikahan di Bandung saat ini memang sangat variatif. Perlu diketahui bahwa harga yang tertera di sini masih perlu dikonfirmasi ke pihak pengelola gedungnya langsun

10 Menu Pilihan Untuk Acara Lamaran Daftar Prasmanan Sederhana

Acara lamaran merupakan tahapan yang penting dan sudah umum bagi sepasang kekasih yang akan segera melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan. Acara lamaran biasanya hanya dihadiri oleh keluarga serta sahabat dekat. Jamuan atau suguhan makanan pastinya wajib hadir pada momen ini. Dalam catatan kali ini kami list daftar 10 menu pilihan untuk acara lamaran sederhana berdasarkan statistik order terbanyak. Mitra selalu menyediakan menu pilihan untuk lamaran serta cocok untuk wedding dalam sekala besar maupun kecil. Sebagai penunjang acara lamaran pemilihan jamuan suguhan makanan yang pas akan membuat event spesial tersebut semakin wow, maka kami sudah menyiapkan berbagai ragam daftar menu prasmanan lamaran . Rekomendasi : Paket Wedding Lengkap di Jakarta, Tangerang, Depok dan Bekasi Daftar Menu Prasmanan Untuk Wedding Gedung dan Rumah Paket Pernikahan di Tangerang Selatan Paket Pernikahan Murah di Depok Menu Pilihan Untuk Acara Lamaran Dengan Paket Catering Prasmanan Paket

15 Catering Terbaik di Makassar Murah Untuk Pernikahan 2023 - 2024

Makassar Sulawesi Selatan merupakan salah satu daerah di Sulawesi yang berkembang sangat pesat. Sebagaimana kota-kota besar lainnya keberadaan penyedia jasa katering sangat dibutuhkan. Rekomendasi 15 jasa catering terbaik di Makassar 2023 - 2024 dengan harga murah dan enak ini mungkin dapat membantu kamu yang sedang membutuhkan. List ini mencakup vendor penyedia catering untuk pesta pernikahan , lamaran, aqiqah, khitanan, arisan, seminar, buka puasa bersama bulan Ramadhan maupun menu harian. Tips untuk mendapatkan layanan jasa catering terbaik di Makassar adalah melakukan survey beberapa vendor sebagai pembanding. Dengan begitu Anda akan mendapatkan kualitas bagus dengan harga murah. Testfood juga tidak kalah penting, silahkan hubungi masing-masing vendor untuk info kapan dan di mana diadakan testfood. Rekomendasi Daftar 15 Catering Terbaik di Makassar Sulawesi Selatan Daftar rekomendasi ini admin pilih berdasar survey dari review dan banyaknya pencarian. Untuk pemilik bisnis j