Skip to main content

Pernikahan Dini : Resiko Dampak Bahaya Akibat Nikah Dini dan Solusinya

Pernikahan dini adalah pernikahan yang dilakukan sebelum mempelai mencapai usia 19 tahun. Dari berbagai penelitian praktek nikah di usia dini dapat timbur berbagai resiko dampak psikologi hingga akibat negatif pada kesehatan yang bahaya. Lalu bagaimana solusi dari para ahli?

Pernikahan Dini di Indonesia Menurut Undang-Undang

resiko dampak bahaya Pernikahan dini yang negatif dan solusi untuk masyarakat
Di Indonesia syarat diperbolehkannya menikah di KUA adalah 19 tahun untuk laki-laki dan 16 tahun untuk perempuan. Hal ini tercantum dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan Pasal 7 Ayat 1 :
(1) Perkawinan hanya diizinkan bila piha pria mencapai umur 19 (sembilan belas) tahun dan pihak wanita sudah mencapai usia 16 (enam belas) tahun.
Sehingga perkawinan yang dilakukan sebelum usia tersebut di atas dapat dikategorikan dalam pernikahan dini.

Namun UU No. 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan Pasal 7 Ayat 1 ini dimohon untuk direvisi. Pemohon menggugat pasal ini agar direvisi sehingga syarat menikan untuk laki-laki maupun perempuan menjadi 19 tahun. Permohonan ini dikabulkan Mahkamah Konstitusi seperti berikut :
"Amar putusan mengadili untuk mengabulkan permohonan para pemohon untuk sebagian. Menyatakan Pasal 7 ayat (1) sepanjang frasa 'usia 16 tahun' UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat," kata Ketua MK Anwar usman dalam sidang pleno terbuka di gedung MK, Jl Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2018). ( sumber : detik.com )

Dampak Bahaya Akibat Perkawinan di Usia Dini

Dari sisi medis perkawinan di usia dini sangat rentan mengalami masalah karena belum siapnya mental maupun fisik pasangan. Apa saja dampak bahaya pernikahan dini?

1. Resiko Kematian Ibu dan Bayi di Saat Melahirkan Sangat Tinggi

Hal ini dikarenakan fisik sang ibu belum siap untuk hamil dan melahirkan sang bayi. Dari penelitian Millennium Development Goals (MDGs) tahun 2015 tingkat kematian ibu dan bayi saat melahirkan di Indonesia 305 per 100.000 kelahiran. Kasus ini harus terus ditekan dan masih sangat jauh dari standart PBB yaitu 100 per 100.000 kelahiran. Bagi ibu dengan usia perkawinan terlalu dini dimungkinkan memiliki panggul yang masih sempit sehingga meningkatkan resiko kematian ibu dan bayi saat melahirkan.

2. Resiko Bayi Lahir Prematur

Resiko kehamilan pada pasangan pernikahan dini juga sangat tinggi. Dari resiko bayi lahir prematur, keguguran hingga menyebabkan kematian sang ibu atau bayi yang dikandung.

Beberapa ancaman lain seperti penyakit anemia hingga tekanan darah tinggi seringkali mengintai sang ibu belia.

3. Dampak Psikologis, Sosial dan Ekonomi

Banyak dampak negatif lain dari pasangan pernikahan dini. Dari sisi psikologis pada banyak kasus pihak wanita mengalami depresi, stress serta gangguan mental lainnya.

Dampak negatif dari segi sosial dan ekonomi juga seringkali terjadi. Dikarenakan secara mental pasangan ini belum siap menanggung tanggung jawab berkeluarga. Harus dicamkan bahwa berumah tangga tidak seindah yang dibayangkang.

Dampak negatif lainnya pun masih banyak seperti hilangnya kesempatan untuk mendapat pendidikan, mudah terjadi perceraian karena ego dan emosi yang masih labil, penyimpangan sosisal hingga terjadinya bunuh diri karena tekanan tanggung jawab yang sebenarnya belum waktunya mereka pikul.

Solusi Pernikahan di Usia Dini

Solusi yang harus dicanangkan adalah terus meningkatkan pendidikan dan kesadaran pada masyarakat bahwa pernikahan dini bukanlah solusi untuk mengurangi pergaulan bebas putra putri. Salah salah praktek ini malah akan mengakibatkan berbagai dampak lain yang lebih berat seperti yang sudah dibahas.

photo credit : pixabay at pexel.com

Popular posts from this blog

10+ Gedung Pernikahan di Bandung Harga Murah & Kontaknya

Dalam mempersiapkan resepsi perkawinan hal yang paling penting adalah memilih venue atau tempat berlangsungnya pesta. Kemarin kita sudah membuat list penyedia jasa catering murah untuk wedding di Kota Bandung . Di halaman ini kami akan melist daftar rekomendasi harga sewa gedung pernikahan di Bandung 2020 - 2021 berikut alamat dan nomor telepon yang dapat kamu jadikan referensi. Untuk mendapatkan gedung wedding terbaik di Bandung, Anda harus melakukan survey ke beberapa gedung sebagai pembanding. Bagi kamu yang sedang hunting tempat pernikahan murah di Bandung lakukan survey terlebih dahulu. Jangan lupa tanyakan batas waktu penyewaan, fasilitas apa saja yang didapatkan hingga seandainya pakai vendor dari luar ada charge lagi atau tidak dan lain sebagainya. Daftar Gedung Pernikahan di Bandung Lengkap Harga sewa gedung pernikahan di Bandung saat ini memang sangat variatif. Perlu diketahui bahwa harga yang tertera di sini masih perlu dikonfirmasi ke pihak pengelola gedungnya langsun

10 Menu Pilihan Untuk Acara Lamaran Daftar Prasmanan Sederhana

Acara lamaran merupakan tahapan yang penting dan sudah umum bagi sepasang kekasih yang akan segera melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan. Acara lamaran biasanya hanya dihadiri oleh keluarga serta sahabat dekat. Jamuan atau suguhan makanan pastinya wajib hadir pada momen ini. Dalam catatan kali ini kami list daftar 10 menu pilihan untuk acara lamaran sederhana berdasarkan statistik order terbanyak. Mitra selalu menyediakan menu pilihan untuk lamaran serta cocok untuk wedding dalam sekala besar maupun kecil. Sebagai penunjang acara lamaran pemilihan jamuan suguhan makanan yang pas akan membuat event spesial tersebut semakin wow, maka kami sudah menyiapkan berbagai ragam daftar menu prasmanan lamaran . Rekomendasi : Paket Wedding Lengkap di Jakarta, Tangerang, Depok dan Bekasi Daftar Menu Prasmanan Untuk Wedding Gedung dan Rumah Paket Pernikahan di Tangerang Selatan Paket Pernikahan Murah di Depok Menu Pilihan Untuk Acara Lamaran Dengan Paket Catering Prasmanan Paket

15 Catering Terbaik di Makassar Murah Untuk Pernikahan 2023 - 2024

Makassar Sulawesi Selatan merupakan salah satu daerah di Sulawesi yang berkembang sangat pesat. Sebagaimana kota-kota besar lainnya keberadaan penyedia jasa katering sangat dibutuhkan. Rekomendasi 15 jasa catering terbaik di Makassar 2023 - 2024 dengan harga murah dan enak ini mungkin dapat membantu kamu yang sedang membutuhkan. List ini mencakup vendor penyedia catering untuk pesta pernikahan , lamaran, aqiqah, khitanan, arisan, seminar, buka puasa bersama bulan Ramadhan maupun menu harian. Tips untuk mendapatkan layanan jasa catering terbaik di Makassar adalah melakukan survey beberapa vendor sebagai pembanding. Dengan begitu Anda akan mendapatkan kualitas bagus dengan harga murah. Testfood juga tidak kalah penting, silahkan hubungi masing-masing vendor untuk info kapan dan di mana diadakan testfood. Rekomendasi Daftar 15 Catering Terbaik di Makassar Sulawesi Selatan Daftar rekomendasi ini admin pilih berdasar survey dari review dan banyaknya pencarian. Untuk pemilik bisnis j